iCreate The Future.

Ini random banget, gue pengen jadi Menteri Pendidikan aja rasanya, atau setidaknya bikin sekolah yang aturannya lain dari yang lain. Gue punya beberapa pemikiran.. Let’s check it out!

Gue mau semua guru di Indonesia dites, bener-bener dites.

Jadi ngga asal guru-guru gabut, terutama yang tiap pertemuan kerjaannya ngajar enggak, ngasih tugas iya. Menurut gue pribadi, guru gabut itu adalah guru-guru yang ngasih tugas seabrek instead of ngasih materi. Gue sendiri udah kenyang ngerasain  diajar guru gabut, secara Smansa isinya kebanyakan guru gabut. Ngga enak banget! Walau kadang-kadang asik sih, soalnya jadi banyak jam kosong, tapi ngga enaknya adalah: pas ulangan lo harus kalang kabut belajar + lo ngga tau harus belajar dari buku mana.

Guru itu ngga cuma pintar atau jenius, tapi juga harus bisa menyampaikan apa yang ingin dan harus disampaikannya.

Mereka harus ngerti bagaimana cara yang baik dan benar untuk mengajar. Ngga enak banget loh diajar guru yang ngga bisa menyampaikan apa yang mau disampaikan, padahal guru itu jenius. Sebaiknya orang-orang kayak gitu dikasih pekerjaan jadi peneliti atau sejenis itu lah.

Guru bener-bener harus diawasin cara ngajarnya.

Kalau perlu, setiap guru masuk ada pendampingnya. CCTV menurut gue kurang efektif dan efisien. Apalagi kalau CCTV cuma jadi pajangan, yang mana hasilnya ngga dievaluasi sama sekali. For the sake of prestige, “Wah, keren, nih, canggih sekolahnya ada CCTV”, padahal ngga guna juga. Murid yang nyontek dan kerekam CCTV juga ujung-ujungnya ngga diapa-apain. Buang-buang uang.

Jam masuk sekolah itu bukannya jam 7!

Jam 8:00 kalau perlu. Karena gue pernah baca di salah satu artikel di internet: Wake Up Later and Your Grades Will Be Greater.

With teenagers’ busy schedules today, the first activity to give way is usually sleep. However, the sleep deficit of teenagers today is hampering high school students’ achievement. To accommodate for teens’ sleep needs, high schools should start later in the day than they do now (based on review of several newspaper articles, it appears that most schools starting times range from 7:00-8:30 a.m.). This action would better satisfy the sleep needs of teenagers, improve their academic performance, be beneficial for families of elementary school students, and increase safety.

Delaying the high school schedule, even if only by half an hour, would be beneficial to the sleep needs of teenagers. Studies have shown that after puberty, teenagers require more sleep (about 9.5hrs) but get less sleep (about 7.5hrs).

source: http://library.thinkquest.org/25553/english/well/ages/teen/hspro.shtml

See? Harusnya masuk lebih lambat. Gue merasakan bagaimana tersiksanya masuk jam 7, pulang jam 3:30. Dan tetep aja, apa yang gue dapatkan di sekolah kurang maksimal. Apa ini faktor G? Faktor T? Inside joke detected.

Anyway, don’t get me wrong. Bukan berarti bangun siang ngga sholat Subuh, ya. Kan jadinya yang muslim habis sholat Subuh bisa tidur dulu biar lebih seger.

Masuk sekolah ya jam 8:00 TENG! dan semua PR dikumpulin di pintu gerbang.

Kenapa? Karena, banyak orang yang datang pagi hanya demi menyalin PR. Ok, gue ngaku, kadang gue juga gitu. Tapi gue ngga rela aja kalau di masa yang akan datang tetep begitu, generasi penerus bangsa kita masih suka mencontek. Ini aja gue udah ngurang-ngurangin banget kok, sumpah.

Dan satu yang paling (ngga) penting:

WARNA SEPATU ITU TIDAK PENTING BAGI KELANGSUNGAN HIDUP PERSEKOLAHAN

Demi Tuhan, dari semua peraturan Smansa, yang mostly ngga masuk akal, peraturan harus pake sepatu full hitam adalah peraturan yang paling gue benci. Sebenci itu gue. Sumpah, siapa sih yang sok ide bikin peraturan begini. Katanya demi kesetaraan, biar semua sama. Hello, situ pikir nyari sepatu full hitam gampang? Bukannya ngasih solusi, seperti nyediain sepatu yang seragam, kayak SD gue dulu, eh malah langsung disita sepatunya. Sumpah deh gue paling benci sama peraturan ini, kayak nilai gue masih sangat bagus kok dengan sepatu dengan corak putih, ngga turun kok nilai gue. Hah, manusia dan segala keanehannya.

Sekian random thoughts kali ini. Mohon maaf karena isinya cuma keluhan gue ternyata. LOL.

Yang sepatunya pernah disita dan ngga dibalikin hingga sekarang,

Tiara Putri

Leave a Reply

