Tugas Esai Bahasa Indonesia

My Bahasa Indonesia teacher asked us to make an essay due to tomorrow and I, did not know what I was supposed to write about, ended up being so mean.

Enjoy!


Paradoks Sistem Pendidikan di Indonesia

Oleh Tiara Putri

Sistem pendidikan di Indonesia tentulah sangat jauh dari kata baik. Bahkan bisa jadi dibilang buruk. Banyak guru-guru yang hanya asal mengajar atau hanya sekedar masuk ke kelas tanpa memberikan ilmu bagi murid, istilahnya gabut. Siswa diajarkan banyak hal tetapi semua yang diajarkan hanyalah teori, tanpa praktek, tanpa memberi tahu penerapannya dalam kehidupan. Masih banyak hal-hal yang harus diubah dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Pertama, seharusnya para calon pengajar tidak hanya dites secara teori, tapi juga praktek mengajar mereka. Cara mengajar guru haruslah diperhatikan, sama seperti para calon dokter, mereka harus menjalani praktek selama sekian bulan untuk mendapatkan izin praktek. Begitu juga seharusnya yang dapat diterapkan saat seleksi calon pengajar, mereka harus training selama sekian bulan untuk menguji apakah mereka pantas menjadi guru. Karena sesungguhnya yang dibutuhkan oleh murid bukan hanya guru-guru cerdas atau jenius, tapi guru-guru yang bisa menyampaikan apa yang seharusnya mereka sampaikan dengan baik.

Setelah lolos menjadi pengajar, sebaiknya cara mengajar para guru ini harus diperhatikan dan dicek setiap bulan. Bukan bermaksud suudzon, tapi bisa saja para guru hanya mengajar dengan baik saat training, jadi tetap harus diadakan pengecekan rutin dari dinas yang terkait. Guru-guru yang terindikasi gabut harus mendapatkan sanksi yang setimpal dari dinas terkait. Guru-guru seperti ini lah yang membuat perkembangan negara kita terhambat,  karena mereka secara tidak langsung menghambat proses pencetakan generasi-generasi muda yang unggul dan siap bersaing.

Sebagai seorang siswa, saya merasa bahwa saya belum sepenuhnya mengetahui apa manfaat nyata dari beberapa hal yang telah saya pelajari. Misalnya pengaplikasian rumus X dalam kehidupan saya nantinya. Seharusnya sistem pendidikan di Indonesia lebih menekankan lagi kepada pengaplikasian dari bab-bab yang akan dipelajari, serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya generasi penerus bangsa bisa menciptakan hal-hal baru dari apa yang sudah dipelajari dari SD sampai SMA, dan Indonesia nantinya akan menjadi negara maju. Saya pribadi merasa selama ini terlalu banyak teori yang diberi tanpa praktek yang berarti. Sehingga ketika kita diminta untuk menciptakan sesuatu, kita akan seperti kambing conge karena kita tidak terlalu paham jika akan membuat barang A, teori mana saja yang bersangkutan.

Jelas, masih banyak hal yang harus diubah dari sistem pendidikan di negara kita ini. Pastinya akan sangat sulit untuk mengubah sistem pendidikan di Indonesia, dan untuk mengubah hal-hal seperti ini dibutuhkan bantuan dua arah, yaitu dari pihak pengajar dan yang diajar. Jika mengharapkan pemerintah sekarang, agak mustahil kedengarannya untuk mengubah sistem tersebut. Kita sebagai calon-calon pemimpin bangsa, marilah belajar dengan giat, agar nanti kita bisa memperbaiki semua sistem di negeri ini!


To be honest, I don’t know whether or not it can be categorized as an essay. All I know is I have no energy to care about this.

Not giving a damn,

Tiara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s