New Life: Bioprocess Engineering UI

Greetings!

Alhamdulillah, setelah pengumuman SNMPTN tanggal 27 Mei 2014, Tiara udah resmi jadi salah satu mahasiswa prodi Teknologi Bioproses di Universitas Indonesia.

Teknologi Bioproses? Apa tuh? Ngga pernah denger.

Ya, banyak orang yang belum tau banyak tentang prodi ini, bahkan banyak juga yang ngga tau. Gue pribadi baru tau ada prodi ini dari bokap gue (he researched about this major A LOT to the point he knew it better than me). To help those who need guidance, gue bakal bahas tentang prodi ini in brief.

Jadi, Teknologi Bioproses (inget, bukan Teknik Bioproses) adalah salah satu program studi baru yang disediakan di Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Bisa dibilang Bioproses ini adalah cabang atau pecahan dari Teknik Kimia. Prodi ini baru terbentuk tahun 2008 hasil usulan dari beberapa dosen DTK. Surprisingly, pada saat lulusan pertama dari Bioproses ini lulus, prodi ini langsung dikasih Akreditasi A. Jadi, buat yang anggap remeh Bioproses, akreditasi-nya A, nih. Ngga semua prodi loh bisa langsung dapet akreditasi A. #proudBiopers

Dulu, Teknologi Bioproses ini adalah salah satu mata kuliah pilihan di program studi Teknik Kimia, tapi sekarang udah berdiri jadi program studi sendiri di bawah Departemen Teknik Kimia. Kenapa dijadiin prodi baru? Sepenangkapan gue pas PSAD, lulusan-lulusan Tekim UI mayoritas lanjutnya ke oil and gas company. Hal ini karena dulunya nama prodi Teknik Kimia itu adalah Teknik Gas dan Petrokimia (TGP), makanya pada ambis ke oil and gas company. Padahal, di Tekim kan ngga cuma belajar tentang oil and gas. Intinya, dibentuk lah prodi Teknologi Bioproses biar lulusannya ngga ke oil and gas semua, gitu.

Saat ini, sebagai mahasiswa baru a.k.a maba, gue lagi menjalani masa bimbingan. Hasil TWTW dengan senior, tahun ini namanya bukan Masa Bimbingan lagi, tapi diganti jadi Kegiatan Lanjutan. So far, Kegiatan Lanjutan ini seru banget walaupun super capek sih. Kalau perkuliahannya masih penuh dengan berbagai mata kuliah universitas dan fakultas. Matkul yang Bioproses banget cuma PTB (Pengantar Teknologi Bioproses) yang bikin seneng masuk Teknologi Bioproses. Apa lagi, ya? Oh iya sekarang udah mulai kuis, nih. Sumpah, pas SMA gue kira yang namanya kuis pas kuliah tuh kayak fun banget, eh taunya begini…

1/166 DTK 2014,

Tiara Putri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s