[Ask Author + Giveaway + Winner Announcement] The Forbidden Wish by Jessica Khoury (feat. Penerbit Spring)

Quick question: apa yang pertama kali muncul di pikiran kalian saat mendengar nama “Aladdin”?

Kalau aku, blue genie!

Let’s think about it. Kisah Aladdin ngga akan lengkap tanpa sosok jin biru besar super lucu yang dengan setia mengikuti petualangan sang majikan. Keduanya benar-benar ngga bisa dipisahkan. Coba bayangin apa jadinya Aladdin tanpa blue genie atau blue genie tanpa Aladdin? Atau, gimana kalau jin yang tinggal di dalam lampu ajaib bukan blue genie?

BLURB

Saat Aladdin menemukan lampu Zahra, gadis itu dilontarkan kembali ke dunia yang tidak dilihatnya selama ratusan tahun. Kemerdekaannya yang terikat pada lampu mengharuskannya untuk memenuhi tiga permintaan Aladdin.

Namun, saat raja dari para jin menawarkan kebebasan kepada Zahra, gadis itu mengambil kesempatan itu, hanya untuk menyadari bahwa dia jatuh cinta pada pencuri jalanan itu.

Saat kemerdekaannya hanya bisa diraih dengan mengkhianati Aladdin, jalan manakah yang akan dia pilih? Apakah kebebasannya sepadan dengan kehancuran hatinya?

Alternatif jawaban dari pertanyaan “gimana kalau jin yang tinggal di dalam lampu ajaib bukan blue genie?” dengan apik dikemas oleh Jessica Khoury dalam novel 400 halaman berjudul The Forbidden Wish. Novel ini merupakan penceritaan kembali kisah Aladdin di mana karakter jin yang tinggal di dalam lampu ajaib bukan lah blue genie, tetapi jin bernama Zahra yang muncul dalam wujud gadis cantik, tepatnya tubuh milik Roshana, seorang sahabat yang telah lama mati akibat peperangan melawan bangsa jin.

SINOPSIS

Kisah dimulai saat Aladdin menemukan reruntuhan kerajaan Neruby yang telah hilang selama ratusan tahun. Aladdin dibimbing oleh sebuah cincin yang berhasil dicurinya dari kerajaan. Setelah melewati beberapa rintangan, Aladdin menemukan lampu ajaib di sebuah taman megah. Di sana lah awal ia bertemu dengan jin lampu ajaib, Zahra. Mirip dengan blue genie, Zahra juga memiliki kemampuan dan kewajiban untuk mengabulkan tiga permohonan tuan pemegang lampu ajaib, di mana setiap permintaan mempunyai konsekuensinya masing-masing.

Permohonan punya cara untuk memelintir dirinya sendiri, dan tidak ada yang lebih berbahaya dibandingkan mendapatkan keinginan hatimu. Pertanyaannya adalah, apakah kau bersedia bertaruh? Seberapa besar kesediaanmu untuk kalah? Apa yang kau inginkan hingga bersedia mempertaruhkan semua?

Cerita berlanjut hingga mereka berdua bisa keluar dari runtuhan kerajaan yang dipenuhi sihir dengan selamat. Kedua tokoh utama ini saling bantu membantu hingga akhirnya mereka tiba di Parthenia, kota terisolasi yang berjarak sangat jauh dari tempat Aladdin menemukan lampu ajaib. Berbeda dengan kota-kota lain yang memuja jin untuk meminta keselamatan, Parthenia justru sebisa mungkin berusaha melawan jin. Hal ini ditunjukkan dari gambaran bahwa gerbang masuk kota ini dipenuhi tulisan-tulisan penangkal jin yang membuat bangsa jin akan merasakan kesakitan luar biasa ketika memasuki kota ini, tak terkecuali jin yang mempunyai kekuatan super seperti Zahra.

the_forbidden_wish_official_map_of_zahra_s_world_by_authorjess-daqrrao

Lalu setelah berjalan-jalan di kota, terjadi sedikit ‘keributan’ dengan segerombolan gadis-gadis tidak dikenal, yang membuat Aladdin terluka cukup parah, tiba lah pada konflik pertama cerita. Zahra bertemu sesosok ghul yang memintanya untuk membebaskan Zhian, salah satu jin paling berpengaruh di alamnya, yang telah beberapa lama dikurung di dalam istana. Ia dijanjikan kebebasan oleh pemimpin bangsa jin jika ia berhasil menyelamatkan Zhian.

Kebebasan.

Itu adalah angan-angan yang tak pernah berani kuimpikan. Aku bahkan tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya.

Zahra, dengan sifat alamiah sebagai seorang jin, memanipulasi Aladdin agar ia bisa menjalankan misinya. Akhirnya sang jin berhasil meyakinkan Aladdin untuk meminta permohonan keduanya, yaitu untuk menikahi Caspida, sang putri, dengan alibi “untuk menjalankan misi balas dendam Aladdin terhadap orang yang sudah membunuh ayah dan ibunya”.

Setelah melewati minggu-minggu yang panjang dan penuh sandiwara di istana, Aladdin berhasil meyakinkan Putri Caspida untuk menikahinya dan Zahra berhasil membebaskan Zhian. Namun, apakah Aladdin dan sang putri akan bahagia bersama dan meninggalkan Zahra yang akan mendapatkan kebebasannya, atau justru sebaliknya?

Dia adalah matahari, dan aku adalah bulan. Kami harus tetap terpisah atau bumi ini akan terlempar keluar dari keseimbangan.

So, The Forbidden Wish, what can I say?

Seperti biasa, pertama-tama aku akan bahas buku ini dari penampilannya. Aku suka banget sama warna cover buku ini, sangat eye-catchy. Kalau aku lagi main ke toko buku dan bingung mau beli apa, mungkin aku bisa secara impulsif pilih buku ini karena cover-nya. Hahaha. Bookmark-nya juga lucu, berbentuk lampu ajaib. Tipikal Penerbit Spring banget, ya, kalau bikin bookmark pasti bentuknya menyesuaikan sama cerita bukunya. Suka! Lucu dan unik banget memang, tapi sayangnya ukurannya terlalu kecil sehingga rentan hilang. Selain itu, ukurannya yang kecil dan bentuknya yang agak rumit membuat benda ini kehilangan fungsinya utamanya sebagai pembatas buku. Lumayan susah buat nyari di mana halaman terakhir yang aku baca, jadi aku ended up memakai pembatas buku dari buku lain untuk menandai halaman. Masalah minor sih, tapi it’d be better kalau ukurannya diperbesar.

Processed with VSCO with hb2 preset

Awal baca buku ini, aku agak ragu aku bisa menikmati buku ini karena I’m so not into this middle-east-y kind of story. Not my cup of tea. Apalagi bagian-bagian awal buku ini menurut aku agak membosankan. Bahkan aku sempet mikir, “Kalau bukan buat review ngga bakal gue lanjutin, nih.” BUT BOY, I WAS WRONG karena di pertengahan novel, aku bisa menikmati cerita Aladdin, Zahra, Putri Caspida, dan tokoh-tokoh lainnya dengan sangat baik. Apalagi saat ada twists tidak terduga. I’m a sucker for unexpected twists.

Cara bercerita Khoury enak banget untuk dibaca. Terjemahan dari Penerbit Spring juga bagus dan ngga kaku. Walaupun emang ada beberapa istilah asing yang ngga ku mengerti, pemilihan diksi dalam terjemahannya menurutku pas banget; ngga memakai Bahasa Indonesia yang ribet, tapi tetep dapet makna dan keindahan ceritanya. Jadi gampang banget untuk ‘masuk’ ke dalam alur ceritanya dan memainkan adegan-adegan tersebut di kepala.

Salah satu hal yang paling aku suka dari novel ini adalah karakter-karakter wanita di novel ini digambarkan sebagai wanita yang kuat, berani, dan mau berjuang untuk mencapai impiannya. Sebaliknya, justru karakter laki-lakinya yang agak lenjeh dan pikirannya cinta-cintaan terus. LOL. Bagiku, tokoh-tokoh wanita di sini justru menjadi daya tarik utama bagi novel ini. Mulai dari Roshana, Putri Caspida dan dayang-dayangnya, hingga Zahra (even sometimes I dislike her). Mereka semua sosok wanita yang punya keinginan mulia dan mau berjuang untuk mendapatkan keinginannya tanpa campur tangan laki-laki.

Favoritku adalah Putri Caspida, despite the fact that she’s only a side character. Caspida adalah sosok putri yang menurutku keren banget! Pemberani, mau membantu rakyat-rakyat kecil, mau mempertaruhkan keselamatannya demi kerajaan dan rakyatnya, dan independent. Paling keren menurutku adalah saat dia terang-terangan menentang pamannya yang tamak akan kekuasaan dan berani mengambil keputusan lain yang menurutnya terbaik. Aku lebih suka baca kisah Putri Caspida dibandingkan romansa Aladdin-Zahra.

“Biarkan saja mereka. Saat mereka sedang sibuk tertawa, kau akan sibuk memerintah. Diremehkan memang tidak menyenangkan—tetapi adalah sebuah keuntungan.”

Interaksi antara Roshana dengan Zahra dan Caspida dengan dayang-dayangnya juga salah satu daya tarik novel ini.

“Engkau dulu pernah memberitahuku bahwa tak akan ada yang bisa membebaskanmu dari lampu itu kecuali sang Shaitan, tapi aku tahu bahwa itu tidak benar. Karena aku bisa membuat permohonan untuk kebebasanmu dan tak akan ada yang bisa dia lakukan untuk menghentikannya.”

Novel ini memang termasuk novel panjang, sih. Slow paced 400 pages novel. Jadi menurutku agak kurang cocok buat kalian yang kurang suka novel panjang. Tapi, novel ini pas banget untuk kalian yang tertarik sama cerita-cerita kerajaan middle-east yang kaya akan budaya. Tapi serius deh, menurutku kalian harus baca novel ini karena ceritanya beda dari yang lain dan itu tadi, tokoh perempuannya ngga lenjeh sama sekali.

ASK AUTHOR: Jessica Khoury

Selain mendapat kesempatan untuk membaca buku terjemahan dari Jessica Khoury, aku juga mendapat kesempatan untuk menanyakan dua buah pertanyaan ke penulis tersebut. I was so excited so I asked questions to satisfy my curiosity. Terima kasih, Penerbit Spring!

1116069_609102867000_131016938_o1

Q #1: How does it feel to have your very own book being translated into another language?

A #1: It’s still so surreal! Honestly, it’s like a dream, and such a huge, huge honor. I’m so thankful that my story was translated, and that I could connect with readers in Indonesia and all over the world. It’s such a special thing, something I treasure.

Masih terasa tidak nyata. Sejujurnya, ini seperti mimpi, dan aku sangat-sangat merasa terhormat. Aku sangat berterima kasih karena kisahku bisa diterjemahkan hingga aku bisa terhubung dengan para pembaca di Indonesia dan di seluruh dunia. Ini benar-benar sesuatu yang spesial, sesuatu yang kuanggap sebagai sebuah harta.

Q #2: I’m being curious here, did you ask someone to proofread the translated version of your book, whether it already fits in your writing style or not, before publishing it in another language? Or you just let the publisher’s translator to translate your book and put your 100% trust on him/her?

A #2: I do trust the publisher’s translator! I believe the publisher (in this case, Penerbit Spring) truly wants to give you the best possible work, and that they will do everything necessary to ensure that happens.

Aku percaya sepenuhnya kepada penerjemah dari penerbit. Aku percaya penerbit (dalam hal ini Penerbit Spring) benar-benar ingin memberikan kepada kalian sebuah karya yang paling baik, dan mereka akan melakukan semua yang mereka perlukan untuk memastikan hal itu.

(Translated by Penerbit Spring)

ATTENTION! GIVEAWAY TIME!!!

Blogtour Forbidden Wish

Yay, waktunya giveaway! Kali ini Penerbit Spring akan bagi-bagi satu buah novel The Forbidden Wish untuk kalian yang beruntung. Caranya super-gampang-banget-parah.

Kamu WAJIB:

  1. Follow Twitter dan Instagram Penerbit Spring (@penerbitspring) dan follow Twitter pribadiku (@tralsmn).
  2. Share link blog post ini di Twitter kalian dan mention akun Penerbit Spring (@penerbitspring) DAN mention akunku (@tralsmn). Pakai kata-kata semenarik dan sepersuasif mungkin, ya, biar temen-temen kalian ikutan juga! Jangan lupa pake hashtag #TheForbiddenWishGA
  3. Tinggalin komentar di post ini dengan format:
  • Nama dan Username Twitter:
  • Domisili:
  • Link tweet hasil share kamu:
  • Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)
  • Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.

FYI, the winner will be judged by the content of the comment (terutama bagian pendapat kamu tentang review novelku!) and I will read all the comments thoroughly. Giveaway di blogku akan berlangsung sampai hari Selasa, 6 Juni 2017. YUK BURUAN IKUTAN!


Anyway, kalau kalian emang bener-bener pengen banget dapet novel ini, kalian bisa menjalankan rules opsional yang bisa menambah kesempatan kamu untuk menang, yaitu: scroll down dan baca post-ku di link ini atau ini (terserah yang mana aja) dan tinggalin jejak kamu di post tersebut dengan cara memberi komentar yang berhubungan dengan konten. Namanya diisi pake username Twitter kamu, ya! Kalau udah, kamu ngga perlu kasih laporan ke sini, just keep it as a secret between you and I. (I don’t know about you but this idea excites me!) Aku akan baca semua komen kalian, kok.

Good luck, semua! May the odds be ever in your favor.


WINNER ANNOUNCEMENT

Halo, setelah memutuskan bersama Penerbit Spring, aku memilih @haniktsr sebagai orang yang beruntung mendapatkan satu buah novel The Forbidden Wish. Yay, congratulation, Hani! Silakan kirim identitas diri kamu (nama, nomor handphone yang bisa dihubungi, dan alamat lengkap) ke emailku: tiara.lesmana@hotmail.com secepatnya.

Oh iya, aku juga mau berterima kasih sebanyak-banyaknya untuk kalian semua, baik yang cuma baca sekilas ataupun kalian yang udah bersedia capek-capek komen di post-ku. Terutama kalian yang sudah memberikan kritik, saran, atau pujian terhadap review bukuku. THANK YOU! Wouldn’t have been a blast without y’all! :D

Salam, Tiara.

Ps. Jangan kapok-kapok, ya, main ke blogku!

Advertisements

27 Comments Add yours

  1. FATIM says:

    NAMA : SITI FATIMATUS ZEHRO
    DIMISILI : KECAMATAN PAMEKASAN, MADURA, JAWA TIMUR.
    TWITTER : @CHOCOQUEENY
    Link share : https://mobile.twitter.com/CHOCOQUEENY/status/870438188338118656?p=v
    JAWABAN :
    1). Apakah kamu tertarik baca novel Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)
    ■ Yes, Very interesting double bangetss.!
    2). Pendapat kamu tentang review novel Forbidden Wish-ku?
    ■ Jujur, awalnya ketika aku baca reviewannya kk, aku ngerasa kurang enak gitu bacanya coz kecampur2 ama bahasa inggris. Tapi itu cuma penilaian awalku saja. Setelah baca reviewan kk secara detail, aku jadi inget sebuah Quotes , “Dont judge a book by its cover” dan penilaianku pada reviewan kk hanya satu kata, “WOW!!”.
    Aku udah berkali-kali ikut blog tour dan aku baru pertama kali jumpa blog kk yg tercinta ini.
    Sungguh diluar dugaanku yg awalnya negative thinking duluan *mohon maaf ini 😂* reviewan kk ternyata lamapaui ekspetasiku. Diksi bahasa yg kk gunakan begitu rapi meski terkadang di mix pakek b.inggris tapi kk tetep terjemahkan itu untuk para reader dan itu gak ngurangin kesedapan ditulisan kk *emang makanan 😅*
    Point plusnya juga, reviewan kk disampul dengan kejujuran, kk berani menyampul tulisan kk dengan kejujuran tapi masih menggunakan cara tutur halus. 😊 Dan itu aku jarang nemuin reviewer blog yg tulisannya ada kilasan seperti itu. ☺ Jangan pedulikan nyinyiran haters, gaya penulisan kk udah punya ciri khas dan tetaplah seperti itu tapi lebih dilatih lagi dalam penggunaan kata2 yg lebih formal ya. Soalnya aku baca tadi masih agak… misalkan jalan itu ada krikil2nya.
    Sorry, kk pendapatku kepanjangan kayak kereta api. 😁

  2. @CHOCOQUEENY says:

    NAMA : SITI FATIMATUS ZEHRO
    DIMISILI : KECAMATAN PAMEKASAN, MADURA, JAWA TIMUR.
    TWITTER : @CHOCOQUEENY
    Link share : https://mobile.twitter.com/CHOCOQUEENY/status/870438188338118656?p=v
    JAWABAN :
    1). Apakah kamu tertarik baca novel Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)
    ■ Yes, Very interesting double bangetss.!
    2). Pendapat kamu tentang review novel Forbidden Wish-ku?
    ■ Jujur, awalnya ketika aku baca reviewannya kk, aku ngerasa kurang enak gitu bacanya coz kecampur2 ama bahasa inggris. Tapi itu cuma penilaian awalku saja. Setelah baca reviewan kk secara detail, aku jadi inget sebuah Quotes , “Dont judge a book by its cover” dan penilaianku pada reviewan kk hanya satu kata, “WOW!!”.
    Aku udah berkali-kali ikut blog tour dan aku baru pertama kali jumpa blog kk yg tercinta ini.
    Sungguh diluar dugaanku yg awalnya negative thinking duluan *mohon maaf ini 😂* reviewan kk ternyata lamapaui ekspetasiku. Diksi bahasa yg kk gunakan begitu rapi meski terkadang di mix pakek b.inggris tapi kk tetep terjemahkan itu untuk para reader dan itu gak ngurangin kesedapan ditulisan kk *emang makanan 😅*
    Point plusnya juga, reviewan kk disampul dengan kejujuran, kk berani menyampul tulisan kk dengan kejujuran tapi masih menggunakan cara tutur halus. 😊 Dan itu aku jarang nemuin reviewer blog yg tulisannya ada kilasan seperti itu. ☺ Jangan pedulikan nyinyiran haters, gaya penulisan kk udah punya ciri khas dan tetaplah seperti itu tapi lebih dilatih lagi dalam penggunaan kata2 yg lebih formal ya. Soalnya aku baca tadi masih agak… misalkan jalan itu ada krikil2nya juga tolong diminimkan penggunaan b.inggrisnya soalnya ada yg aku rada2 gak ngerti, lagipula kan gak semuanya reader kk ngerti b.inggris. 😊😊
    Sorry, kk pendapatku kepanjangan kayak kereta api juga bahasanya rada gak alus coz belum digiling 😁 *emangnya daging digiling* 😅 bye kk 😁

  3. Hamdatun Nupus says:

    Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/870463222779846657
    Domisili : Depok, Jawabarat
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku?
    YA!!! Sangat!!!
    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku. ?
    Kita sepemikiran, aku juga langsung kepikiran blue genie pas denger kata aladdin :), dan agak sedikit supprised kalau novel ini alurnya ngambil sudut pandang jinny nya bukan aladdin nya. Jadi akunya langsung penasaran. Review kak tiara juga sukses membuatku ingin segera cepat2 membaca novel The Forbidden Wish ini, Narasi yg kakak buat ditambah selipan-selipan quotes/paragraf dari novel The Forbidden Wish nya sebagai pelengkap terasa pas dan membangun narasinya itu sendiri.
    Ahh aku semakin tidak sabar menggenggam novel The Forbidden Wish ini ditanganku 🙂
    Wish me Luck ({})

  4. •Nama dan Username Twitter: Insan Gumelar Ciptaning Gusti dan @san_fairydevil
    •Domisili: Surakarta
    •Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/san_fairydevil/status/870487536220618752
    •Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question): Yes
    •Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku: Terlihat jelas penulis lebih condong ke mana dan menjauh dari yang mana. Walaupun emang wajar sih. Tapi kemudian, pembaca review akan ‘terdoktrin’ kalau Caspida jauh lebih baik dari Zahra, sebelum membaca sendiri ceritanya. Namun hal itu juga bagus, bisa bikin pembaca jadi penasaran, kenapa sih semua review mengidolakan Caspida? Apa yang salah dengan Zahra? Apa Caspida ini Yasmin, jadi bagaimanapun Aladdin akan bersama ‘Yasmin’? Terus akhirnya berharap menang giveaway atau langsung ke toko buku.
    Oiya, apakah novel ini sesempurna ini sampai tidak ditemukan satupun kesalahan ketik atau semacamnya? Kalau iya, berarti Penerbit Spring-nya jempol empat. Juga tambahan rate bintang mungkin, jadi bisa kira-kira, sekeren apa sih.
    Over all, aku tetep tertarik. Sebab, kalau enggak tertarik, aku enggak bakal jawab pertanyaan di sini.

  5. Ratna says:

    Nama dan Username twitter: Ratna Komalasari dan @imratnasr
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://mobile.twitter.com/imratnasr/status/870503067011002368
    ABSOLUTELY YESSS!
    Aku baca review kak Tiara makin tambah penasaran sama cerita Aladdin dan Zahra ini. Gaya review kakak enak banget buat dibaca, lengkap dan pastinya enggak spoiler!
    Apalagi kalau di review kakak ini ditambahkan beberapa foto tentang Aladdin gitu, pasti makin tambah enjoy bacanya (Saran aja sih kak😂)
    Dari review yang kak Tiara sampaikan ialah kalau kakak ‘even dislike with Zahra’ nah dari review kakak ini aku jadi berpikir bahwa, mungkin Zahra dan Blue Genie itu sama, cuma di Retelling sama Jessica Khoury Blue Genie berubah jadi sesosok jin cantik yang bernama Zahra supaya cerita tidak sama seperti kisah Aladdin dan lebih di jadikan modern oleh penulis.
    Dan aku jadi penasaran sama Princess Caspida! Mau tau kelanjutan pertengkaran dia dengan paman nya, dan yang paling penting ialah, diakhir cerita nanti Alddin sama Zahra atau Princess Caspida ya?
    Overall, aku suka sama review kakak yang nggak bertele-tele, nggak kepanjangan, dan yang pasti nggak spoiler. I enjoy read it😊

  6. x4bidden says:

    Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/desitaw97/status/870499805579010049
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)
    Y. Sangat tertarik malahan.
    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku:
    Sangat kompleks! sinopsisnya lengkap jadi pembaca benar-benar sudah ada gambaran bagaimana cerita dinikmati tanpa mengurangi minat untuk baca ceritanya secara langsung. Ilustrasi petanya boleh juga tuh (sesuatu yang baru selama saya membaca beberapa riview novel The Forbidden Wish yang udah beredar). Untuk pembahasan buku dari segi penampilan, mungkin bisa ditambahi tentang layoutnya. Untuk masalah bookmark, memangnya setiap pembelian pasti dikasih? Kalo enggak, mungkin ada baiknya ditambahi keterangan dari mana pemerolehan bookmark itu. Jadi penjelasannya hanya sebagai pengalaman pribadi.
    -Smoga berjodoh dengan bukunya! Semangat memilih pemenang @tralsmn-

  7. misuk says:

    Nama : Misuk Pyung
    Username Twitter: @pyungmisugi
    Domisili: Tangerang
    Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/pyungmisugi/status/870510805787197441
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? Ya!
    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.
    A : Jujur aku jarang dan malas membaca review seperti ini, karna saat pertama kali membaca review di blog ‘yang lain’ sangat membosankan dan membuat aku jadi tidak menginginkan novelnya lagi, tapi di blog ini dari kata-katanya dan hal-hal yang lainnya membuatku tertarik, mungkin aku akan jadi langganan blog ini seandainyapun aku ga menang di blogtour GA ini (berharapnya sih menang hehe)

  8. nihlafuadah says:

    Nama: Siti Nihlatul Fuadah
    Twitter: @Nihlafuadah09
    Link Share: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/870506995270402049
    Domisili: Tangerang

    Apakah aku tertari baca The Forbidden Wish setelah baca review kaka?

    Untuk aku pribadi, maaf sebelumnya bukan aku gak tertarik baca The Forbidden Wish setelah baca review ka Tiara. Tapi, buatku aku mau dan yakin untuk baca novel itu setelah baca review dari beberapa orang. Gak jadi patokan satu review untukku yakin banget pingin baca itu. Terkecuali, aku kenal penulisnya dan gaya berceritanya, tanpa review aku pasti tunggu buku-bukunya.

    Aku masih awan tentang review yang mana yang baik yang oke, dan yang keren mungkin? Menurutku pribadi review yang ka Tiara udah cukup baik buat narik minat pembaca. Tapi, lagi, untukku belum cukup tegas review dan kaka pribadi, tapi kalau alurnya ka Tiara bercerita sekarang udah enak. Bukan termasuk untuk merendahkan, karna aku juga sebenernya masih belajar dan belum bisa buat review sebagaus kak Tiara buat. Karna waktu dan kesempatan menghambat. Buat review kaka, kaka kurang nonjolin sikap dan sifat tokoh dalam cerita. Udah sih ka, menurutku itu aja, selebihnya kaka udah baik banget kalau dari mata awamku yg menikmati review kaka… Pokoknya buat ka Tiara semanagt terus yah… FIGHTING!!

  9. sandraartsense says:

    Nama: Sandra Hamidah
    Domisili: Bandung
    Twitter: @Sandra_artsense
    Link share: https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/870555155627888641
    Jawaban:
    Yay aku mau banget baca novel impor yang retelling kisah Aladdin, karena dongeng ini kan kita kenal dari kecil namun karena dikisahkan saat zaman millenial merupakan hal yang luar biasa menurutku, seolah menambah paradigma baru, imaji baru. Btw katanya Aladdin bukan dari timur tengah ya? Katanya dari China hehe

    Menurutku resensi buku ala Kak Tiara sangat bagus, lengkap, bahasanya menarik dan mudah dipahami dibanding review buku ala aku yang simpel dan masih baku banget heheu thankies buat kesempatannya, salam kenal kak^^

  10. Winda saphira says:

    Nama : winda saphira
    Akun twitter: @winda_saphira
    Link share : https://twitter.com/windasaphira25/status/870563533745831936
    Domisili ; cirebon, jawa barat
    *Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden wish setelah baca review ku?
    Jawab : Ya bahkan sangat tertarik buat punya bukunya juga😂
    *pendapat kamu tentang review novel The Forbidden wish-ku?
    Jawab:Jujur sih awalnya itu aku tuh kurang tertarik sma novelnya bahkan aku ga tau itu novelnya karya siapa😂tapi karna ig nya penerbit spring sering banget ngepost novel the forbidden wish aku malah penasaran sama ceritanya itu kaya apaan,akhirnya aku cari tau di berbagai blog tentang sinopsisnya dan review dari banyak orang dan setelah aku baca eh aku malah tertarik sama ceritanya aladdin dan jin zahra, cuma aku agak bingung sih karna disitu ceritanya ada yg campur pake bahasa inggrisnya gitu jadi aku kurang paham 😂😂 tapi yg bikin lebih tertarik lagi itu dari covernha,covernya itu aaahhh bagus banget,cover dari penerbit spring itu top bgt deh😍😍,,,terus pas penerbit spring ngepost bakal ada GA ini di blog kaka tgl 2juni,hari ini aku langsung ke blognya kaka,pas baca review nya kaka tentang novel the Forbidden wish itu jadi bikin aku tambah tertarik dan makin penasaran sama ceritanya,dan bahasa yg kaka sampein juga cukup sederhana dan mudah dipahami aku suka,Quotesnya juga keren keren ih👍 😍 dan aku jadi tambah kepingin punya bukunyaa😂😂aahh wish me luck🙏🙏🙏 dan buat kak Tiara HAMASAH KAK!!!😘💪💪

  11. Winda saphira says:

    Nama : winda saphira
    Akun twitter: @winda_saphira
    Link share : https://twitter.com/windasaphira25/status/870563533745831936
    Domisili ; cirebon, jawa barat
    *Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden wish setelah baca review ku?
    Jawab : Ya bahkan sangat tertarik buat punya bukunya juga😂
    *pendapat kamu tentang review novel The Forbidden wish-ku?
    Jawab:Jujur sih awalnya itu aku tuh kurang tertarik sma novelnya bahkan aku ga tau itu novelnya karya siapa😂tapi karna ig nya penerbit spring sering banget ngepost novel the forbidden wish aku malah penasaran sama ceritanya itu kaya apaan,akhirnya aku cari tau di berbagai blog tentang sinopsisnya dan review dari banyak orang dan setelah aku baca eh aku malah tertarik sama ceritanya aladdin dan jin zahra, cuma aku agak bingung sih karna disitu ceritanya ada yg campur pake bahasa inggrisnya gitu jadi aku kurang paham 😂😂 tapi yg bikin lebih tertarik lagi itu dari covernha,covernya itu aaahhh bagus banget,cover dari penerbit spring itu top bgt deh😍😍,,,terus pas penerbit spring ngepost bakal ada GA ini di blog kaka tgl 2juni,hari ini aku langsung ke blognya kaka,pas baca review nya kaka tentang novel the Forbidden wish itu jadi bikin aku tambah tertarik dan makin penasaran sama ceritanya,dan bahasa yg kaka sampein juga cukup sederhana dan mudah dipahami aku suka,Quotesnya juga keren keren ih👍 😍 dan aku jadi tambah kepingin punya bukunyaa😂😂aahh wish me luck🙏🙏🙏 dan buat kak Tiara HAMASAH KAK!!!😘💪💪

  12. Reviewnya keren dan interviewnya seru 😀

  13. Agnes Margaretha says:

    nama : agnes margaretha
    akun twitter : @agnessmt
    link share : https://twitter.com/AgnessMT/status/870632751241715712
    Domisilin : Medan , sumatera utara
    * Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)
    >>Yes, udah lama tertarik sama novel The Forbbiden Wish kak, setelah baca review kakak tambah tertarik banget 🙂
    *Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku. ?
    >> Pertama buka kak, kok bahasa inggris ya ?? pasti aku binggung nih ?? tapi eh ternyata di terjemahkan juga sama kakak . meskipun ada yang engga diterjemahin tapi kata-katanya bisa dipahami kok .. Salut <3. jujur review kakak menurut aku baik, menarik, dan bahasanya mudah dipahami , pertama ngebahas penampilan novel ?.. mm aku setuju sama kakak karna aku juga kadang ngelihat novel itu dari tampilan luarnya,, novel yang penampilan nya menarik tentu isi novel nya juga menarik bukan. jadi pingin punya novel ini hahaha. menurut aku kisah cinta alladin sama Zahra nya kurang di tunjukan di review novel ini tapi itu kan terserah kakak. maunya kakak ngebuat pembaca penasaran lagi supaya punya atau baca novel ini, jadi kurang nya itu ajaa kakak. maaf ya kakak kalo engga suka sama komenan ku . Jangan bosen-bosen ngereview kak ❤ 🙂

  14. Rimadian Ulfa Y. (@AdinRim) says:

    *.Nama dan Username Twitter: Rimadian Ulfa Y (@AdinRim)
    *.Domisili: Temanggung, Jateng
    *.Link tweet hasil share kamu: mobile.twitter.com/AdinRim/status/870510701306986496?p=v
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelahbacareview-ku? YA!!!
    *.Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.
    Wah meski saya udah gak mikir tentang blue genie lagi, saya baru tau kalo Zahra ini ada di tubuh orang lain, taunya ya mirip jin2 lain lah yang kakinya kayak ekor *itu lo.. kalau gak paham abaikan ya*, tapi bedanya kalo jin yg ini cantik.
    Review kakak lengkap banget ternyata, tapi tetep nggak spoiler kok. Jadinya malah bikin saya makin pingin buku ini huhu

  15. Nama : Gita Ayu Pratiwi
    Username twitter : @gitiup
    Domisili: Depok, Jawa Barat
    Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/gitiup/status/870862077501390849
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku?
    Sejujurnya aku sudah tertarik membaca novel forbidden wish ini sudah lama, bahkan sebelum membaca review dari kakak, tapi setelah aku membaca review dari kakak membuat aku semakin tertarik untuk membacanya bahkan untuk memiliki novel tersebut. Novel terjemahan ini betul” membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Di fikiranku selalu terbayang sosok Aladin yg akan mengabulkan segala permintaan tuannya. Alhamdulillah penerbit Spring mau mentranslate novel ini menjadi bahasa indonesia sehingga para novel lovers bisa menikmati keseruan novel ibi dengan versi indonesia.
    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.
    Pendapat aku? Pokonya aku seneng banget dan terimakasih kakak mau review novel ini. Kakak mereview novel ini dengan sangat baik, detail, dan menarik. Kakak semakin membuat penasaran akan keindahan novel ini hehe. Gaya bahasa kakak jg santai tapi tetap kelihatan serius. Sersan. Serius tapi santai. Dengan ditambah foto-foto penulis novel Forbidden Wish ini, semkain menambah wawasan. Oh jadi beliau yg menulis cerita sekece ini. Pokonya perfect banget❤
    So? Wish me luck^^

  16. monica indah says:

    Nama: Monica Indah
    Twitter: @monicaindah5
    Domisili: Bogor
    Link Tweet: https://twitter.com/MonicaIndah5/status/871304719838265345
    Pertanyaan:
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? Ya
    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku: cukup baik. bahasa yang digunakan gaul dan ga kaku hehe. terutama untuk review desain cover atau luaran dari novel the forbidden wish sendiri, penilaian kakak bisa menjadi masukan buat penerbit dan penerjemah. untuk review isi novel nya juga cukup baik. hanya saja, reviewer harus jujur mengatakan apakah sesuatu yang di review itu bagus atau tidak, sehingga para pembaca review mendapatkan gambaran dan tidak kecewa nantinya, dan disampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun. dan kakak, sudah menulis review yang baik. tetap semangat dan selalu menulis review yang jujur kakak 🙂
    wish me luck!!!

  17. Bety Kusumawardhani says:

    Nama dan Twitter: Bety Kusumawardhani dan @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Link tweet hasil share kamu: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/871205951398858752?p=v

    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question) Yes..
    .
    .

    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku:
    Aku sangat tertarik membaca buku ini setelah baca review nya kak Tiara. Aku jadi punya gambaran secara garis besar ttg bukunya. Aku menyukai review di atas karena reviewnya simple, singkat, padat, persuasif bgt/sukses membujuk pembaca untuk membaca bahkan membeli novelnya, tepat sasaran di poin-poin/adegan-adegan yg bikin pembaca penasaran ingin membaca novel itu sendiri. Yg terpenting, review nya tidak mengandung spoiler cerita akhir, alih-alih menggantinya dengan kata “ada twists tidak terduga” cause I’m a sucker for unexpected twists too hahaha membuatku semakin ingin lgs membacanya sesegera mungkin.
    .
    .
    Jujur sih, aku tipikal pembaca yg selalu memikirkan secara matang buku apa yg sekiranya akan dibeli. Tidak masalah meskipun buku nya mahal namun mampu memberikan kepuasan untukku saat membacanya. Jd, sebelum memutuskan membeli dan membaca buku terutama novel yg tebal dan terjemahan, aku akan mencari review-review nya di beberapa blog untuk mencari kelebihan dan kekurangan novel. Aku tidak ingin merasa bosan karena merasa tidak paham dengan bahasa terjemahannya. Sayangkan beli buku mahal tetapi dibiarkan berdebu di rak, tidak dibaca hanya karena bosan dan tidak mengerti bahasa terjemahan yg kurang sesuai. Review di blog ini akan selalu aku jadikan pertimbangan dalam membeli buku untuk kedepannya.
    .
    .
    Sekedar saran aja kak, kakak bisa memberikan contoh istilah asing yang tidak dimengerti dan menunjukkan foto bookmark unik yg super mini pada kita semua. Mungkin ada yg belum lihat bookmark unik tapi, rentan hilang hehehe

  18. nunaalia says:

    Nama dan Username Twitter: Aulia // @nunaalia
    Domisili: Serang
    Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/nunaalia/status/871573124638060544

    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? YA

    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.
    Membaca review Kak Tiara makin membuatku penasaran dan pengen banget baca novel ini. Reviewnya membuat aku lebih paham tentang kisah retelling Alladin versi Jessica Khoury ini. Penilaian kakak tentang cover dan bookmark sama denganku. Penerbit Spring selalu membuat cover buku yang cantik dengan bookmark yang unik. Dan memang ukuran bookmarknya kadang bikin gereget karena terlalu kecil. :D
    Aku sempat mengerutkan kening ketika kakak bilang di awal baca buku ini sempat ingin berhenti karena agak membosankan. Karena dari review yang lain semuanya bilang kisah ini menarik. Tapi ternyata akhirnya kak Tiara juga mengakui kalau bisa menikmati kisah ini, terutama setelah menemukan twists yang tidak terduga. Yang bikin aku penasaran banget apakah itu?? :D
    Pokoknya baca review kak Tiara ini membuatku makin mantap untuk memiliki novel ini.

  19. Elsita F. Mokodompit says:

    Nama: elsita F. Mokodompit
    Twitter @sitasiska95 https://twitter.com/sitasiska95/status/87163355415262822
    Domisili: sulawesi tengah
    Jawaban:
    A. Yes
    B. Reviewnya keren banget. Bikin aku penasaran ++ untuk baca bukunya, plus ingin belajar teknik penulisan review dari mbak Tiara :). Aku juga nulis resensi dan yah masih just so so. Kurang banget aku rasa setelah baca tulisan mbak tiara. Aku suka karena buku setebal 400 halaman sama sekali nggak membuat mbak tiara kebingungan untuk mulai menulis resensinya dari mana. Buatku sih fungsi resensi selain untuk memberi penilaian pada buku yang sudah dibaca juga untuk menarik pembaca lainnya agar mau baca bukunya. Dan review ini masuk keduanya. Berhasil menilai dengan sangat keren dan menarik pembaca yang baru. Rapi, teratruktur, asyik dibaca, menimbulkan rasa penasaran dan WAH.

  20. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Tembilahan, Riau
    Link Tweet: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/871866698483105792

    Apakah tertarik membaca The Forbidden Wish setelah pemaparan review di atas?

    Yeah, of course.

    Pendapat tentang review novel The Forbidden Wish

    Secara pribadi sangat-sangat suka dengan review The Forbidden Wish kak Tiara. Selain karena cara pemaparannya sangat-sangat bagus. Juga suguhan clue dari novelnya sangat menginterpretasikan kemenarikan karya Jessica Khoury ini, lebih lagi dengan paparan clue ‘twist yang tak terduga’ kak Tiara. Jujur. Untuk urusan story tale Aladdin sendiri sebenarnya gak begitu asing di telingaku, mengingat semasa kecil sudah begitu akrab dengan kisahnya, hanya saja pembawaan ceritanya yang sedikit berbeda- Dulu Aladdin berpasangan dengan Jasmine, sekarang Aladdin berpasangan dengan Zahra yang justru merupakan sosok Jin dalam lampu ajaibnya. So excited.

    Hal utama yang membuat aku pribadi suka dengan paparan review kak Tiara ya karena pembawaan narasi review-nya yang interaktif, luwes dan pas serta sangat persuasif, juga selipan kutipan novelnya yang sejalan dengan isi review. Bukan memuji, ini murni pendapatku dan semua pembaca pun sudah membuktikannya dengan runut review yang jelas dan mudah dipahami, terlebih dengan pertanyaan yang diajukannya sangat-sangat simpel, namun sesuai dengan keingintahuan pembaca; tentang perasaan Jessy setelah novelnya berhasil diterjemahkan dan tentang kepercayaannya akan kualitas terjemahan penerbit. Its perfect idea for me.

    Sebenarnya jujur saja, secara umum aku gak begitu suka dengan novel-novel terjemahan, mengingat kebanyakan kualitas translasinya yang lumayan bikin mumet karena bahasa yang digunakan terlalu monoton dan formal, tapi karena The Forbidden Wish Jessy terbitan Spring ya aku langsung mengantri dibarisan terdepan bersaing untuk memperoleh kesempatan membacanya, setelah sebelum-sebelumnya berhasil melahap habis P.S. I Still Love You milik Jenny Han dan One milik Sarah Crossan. Dan lagi yang paling membuatku penasaran setelah membaca review kak Tiara itu ketika menemukan kata-kata ‘lenjeh’, setelah berkunjung di beberapa host gak ada sama sekali menemukan kata-kata unik ini, aku gak bisa membayangkan gimana sosoknya pria-pria lenjeh di The Forbidden Wish, karena aku pria otomatis aku perlu tahu gimana sih karakter lenjeh versi Jessy yang dikhususkan untuk para pria. Semoga saja aku gak terdaftar dalam kategori itu. Semoga ;D. I really want to know it. Swear.

  21. Nama dan Username Twitter: Yohana/@mrssiallagan
    Domisili: Samosir
    Link tweet hasil share kamu:
    Jawaban: setelah baca review diatas, aku jadi excited banget mau baca buku ini. jadi inget waktu SMP, sukanya baca novel yang tebel sampe ratusan halamana. Aku juga tertarik dengan cerita aladin yang jmenarik, apalagi dia menjerat sang jin untuk bisa menikahi sang putri untuk misi balas dendam. Aku rasa memang sangat menarik sekali. dissamping itu, penulis yang berasal dari luar, aku pengen baca novel terjemahan ini.

  22. Nama dan Username Twitter: Yohana/@mrssiallagan
    Domisili: Samosir
    Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/MrsSiallagan/status/871922699991474176
    Jawaban: setelah baca review diatas, aku jadi excited banget mau baca buku ini. jadi inget waktu SMP, sukanya baca novel yang tebel sampe ratusan halamana. Aku juga tertarik dengan cerita aladin yang jmenarik, apalagi dia menjerat sang jin untuk bisa menikahi sang putri untuk misi balas dendam. Aku rasa memang sangat menarik sekali. dissamping itu, penulis yang berasal dari luar, aku pengen baca novel terjemahan ini.

  23. Nama dan Username Twitter: Hani Kartika (@haniktsr)
    Domisili: Sragen, Jawa Tengah
    Link tweet hasil share kamu: https://twitter.com/haniktsr/status/872008700080279552

    [Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)]
    • Yes, so much.

    [Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.]

    • First impression, karena aku langganan baru dan pertama baca blog kakak itu ya review ini, aku langsung mikir, wah keren nih, kekinian, nggak cuma nambah wawasan novel tapi juga nambah kosakata bahasa inggris baru.

    • Orientasinya friendly, bikin penasaran dan nggak tahan buat scroll kebawah, dan kebawah, dan kebawah sampai nggak kerasa review-nya abis. Aku menikmati cara kakak menceritakan novel Forbidden Wish, serasa diajak mengobrol.

    • Quote yang dipilih, sangat pas, persuasif buat siapapun orang yang cari novel dengan banyak quote bagus.

    • Dan yang paling penting, ini lengkap tapi tetap no spoiler. Aku rasa baru di review ini yang menceritakan gimana Aladdin ketemu Zahra, juga tentang Putri Caspida, dan beberapa points yang penting tanpa merusak hasrat penasaran. Sangat membantu rasa ingin tahu pembaca supaya tidak menyesal memutuskan mengadopsi novel ini.

    • Aku memang bukan blogger, tapi sebagai pembaca, itu yang dapat aku sampaikan, pertahankan bahkan tingkatkan terus gaya penulisan review-nya, ya, kak. Overall, di antara semua review Forbidden Wish yang aku baca, ini yang paling heart-catchy, hihi. Anyway, review ini juga meluruskan pikiranku yang awalnya menganggap novel ini cuma menceritakan love story Aladdin dan Zahra, ternyata banyak sekali hal menarik dalam novel ini.

    • Review yang sangat bagus sebagai penutup rangkaian blog tour seru ini. Thanks for the last chance.

  24. rinafi3 says:

    Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share:

    -Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question)
    YES

    -Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku.
    Akhirnya blog ini kembali hidup dan ramai berkat adanya giveaway😂
    Ini adalah kedua kalinya aku mengikuti giveaway di blog kak Tiara. Tapi bukan berarti ini kunjungan keduaku. Sebelumnya aku bolak-balik mengecek blog ini untuk melihat apakah komenku di salah satu post sudah mendapat balasan atau tidak. Remind me that I have followed this blog via email, so the notifications will log in automatically-_-Still like before, review kak Tiara itu apa adanya, bukan ada apanya. Bukan karena kakak terpilih sebagai host blog tour jadi kakak membaguskan isi cerita ini melalu reviewnya. Persuatif tapi tidak manipulatif, that’s it!
    Dan kenapa kakak harus mengakhiri review-nya dengan sebuah pertanyaan? Digantung itu nggak enak loh kak, apalagi digantung rasa penasaran😰
    Middle-east story sebenarnya juga bukan cup of tea-ku. Tapi tidak masalah, maybe i can enjoy it with a cup of orange juice? Hihi 😀
    But i found some differences this time. Tidak ada lagi moodboard, and you change your twitter account right? Aku sudah memfollow kakak dari sejak giveaway golden dan tidak ku-unfoll sampai sekarang (biasa setelah GA berakhir aku mengunfollow twitter host dan penerbit GA yang bersangkutan). Kupikir kakak hanya mengganti username-nya saja. Tapi setelah kucari, ternyata itu adalah akun yang berbeda.

    P.s Sorry banget kalo komenku banyak yang nggak penting

  25. devira belin says:

    Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Link share: https://twitter.com/Virscnd/status/872113031282532352
    Domisili: semarang-jateng
    Jawaban:
    Pendapatku tentang review kakak, hmm kesan pertama yg aku rasakan itu reviewnya lumayan panjang hehe. But in other side, menurutku review ini udah lengkap bangeet. Mulai dari blurb, sinopsis, awal mula cerita, pengenalan karakter dan cover novel itu sendiri. Jadi, review kakak cocok banget untuk yg belum mengetahui apa dan bagaimana buku Forbidden Wish, i like it!

  26. Leny says:

    Nama dan akun twitter: Leny dan @Lynlainy17
    Domisili: Rantau, Kalsel
    Link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/872112803993206784
    Apakah kamu tertarik baca novel The Forbidden Wish setelah baca review-ku? (Y/N Question): Yes.
    Pendapat kamu tentang review novel The Forbidden Wish-ku:
    Setelah aku baca review dari kak Tiara aku jadi semakin ingin baca novel ini juga. Review dari kak Tiara menarik sekali bagiku dan lengkap. Aku jadi penasaran banget terutama sama tokoh-tokoh perempuan yang ada dalam novel ini seperti kak Tiara katakan. Terus penasaran juga sama kisah Aladdin dan Zahra ini dong pastinya. Aku juga suka banget baca novel tebal seperti novel Forbidden Wish ini. Dan aku pokoknya penasaran sekali deh sama novel ini. Review dari kak Tiara sangat ampuh membuatku memasukkan novel ini kedalam wish list ku.

  27. wahh, makasih banyak, kak, dan penerbit spring! seneng banget, akhirnya! data diri segera meluncur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s